Kemenag BS Jalankan Program Kampung Moderasi Beragama, Kampung Toleransi

Senin 07-10-2024,09:49 WIB
Reporter : Muktar Ilyas
Editor : Jeffri Ginting

 

BENGKULU SELATAN, Radarseluma.Disway.id - Kantor Kementerian Agama

(Kemenag) Bengkulu Selatan (BS) terlibat dalam menjalankan program Kampung Moderasi Beragama (KMB) dimana Kampung ini menunjukan sifat toleransi umat beragama yang tinggi dan menciptakan kerukunan antar umat beragama ditengah masyarakat.

 

BACA JUGA:Inilah Beberapa Kerajaan Tertua di Indonesia. Apa Saja Ayoo Kita Cari Tau.

BACA JUGA:Penuhi 4 Syarat Ini, Peluang Lulus PPPK 2024 Didepan Mata

 

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakan Kemenag) Kabupaten Bengkulu Selatan (BS), H Irawadi S.Ag.MH menuturkan, bahwa pihaknya terlibat dalam program Kampung Moderasi Beragama (KMB) bahkan sudah digaungkan oleh Kementerian Agama selama lima tahun yang lalu dan itu sudah berjalan dengan baik disetiap Kemenag yang bertujuan untuk memperkuat kehidupan masyarakat yang harmonis dan toleran.

 

"Selain KMB juga bertujuan untuk mempersatukan umat beragama dan menolak perpecahan antar umat beragama. Bahkan Kementerian Agama pada tahun 2023 telah mencanangkan adanya tahun toleransi yang akan kita  peringati setiap tahunnya,"ungkap Irawadi.

 

Menurut Irawadi KMB juga mengutamakan kolaborasi lintas unsur, lembaga, dan lapisan masyarakat. Beberapa nilai yang dipromosikan dalam KMB diantaranya toleransi.

 

"Komitmen kebangsaan, Anti kekerasan, Akomodatif terhadap kebudayaan lokal, Melindungi Martabat Kemanusiaan, Membangun kemaslahatan umum, Adil, Berimbang dan Taat Konstitusi,"beber Irawadi.

 

Kategori :