NIA Pamerkan Indeks Inovasi Global Thailand 2024! Naik 2 Peringkat ke Posisi 41

Rabu 02-10-2024,08:30 WIB
Reporter : Jeffri Ginting
Editor : Jeffri Ginting

 

BANGKOK, THAILAND, Radarseluma.Disway.Id - Kementerian Pendidikan Tinggi, Sains, Riset, dan Inovasi (MHESI), melalui Badan Inovasi Nasional (NIA), telah mengumumkan hasil Indeks Inovasi Global 2024 (GII 2024) dengan tema 'Membuka Janji Kewirausahaan Sosial.' Indeks yang diselenggarakan oleh Organisasi Kekayaan Intelektual Dunia (WIPO) ini mengukur kemampuan inovasi dari 133 negara di seluruh dunia.

 

BACA JUGA:Ingin Bermain Game Terbaru? Berikut Rekomendasi Game Offline Terbaru untuk Mengisi Waktu Luangmu

BACA JUGA:2 Mantan Kabag Tapem Seluma Diperiksa Jaksa, Masih Terkait Tukar Guling

Thailand naik ke peringkat ke-41 tahun ini, naik dua peringkat dari tahun sebelumnya. Pengumuman ini disertai dengan forum tentang 'Pengembangan Sistem Inovasi dan Mendorong Thailand menuju Negara Inovasi,' yang diselenggarakan bekerja sama dengan para pemangku kepentingan utama dalam ekosistem inovasi, termasuk Riset Sains dan Inovasi Thailand (TSRI), Kementerian Perdagangan, Departemen Kekayaan Intelektual, Badan Ekonomi Kreatif (Organisasi Publik), dan Organisasi Kekayaan Intelektual Dunia (WIPO).

 

Dr Krithpaka Boonfueng, Direktur Eksekutif Badan Inovasi Nasional (Organisasi Publik) atau NIA, mengungkapkan bahwa GII tahun ini berfokus pada upaya membuka potensi kewirausahaan sosial. Tema ini mencerminkan pesatnya pertumbuhan wirausaha sosial yang mencari solusi inovatif untuk mengatasi berbagai masalah sosial yang mendesak. Studi di bidang ini membantu para pembuat kebijakan dan program dukungan inovasi dalam memperluas dan meningkatkan inisiatif kewirausahaan sosial untuk menciptakan dampak yang lebih luas, sehingga dapat mengubah masyarakat secara lebih efektif.

 

"Tahun ini menandai tonggak positif bagi sektor inovasi Thailand karena negara tersebut telah naik ke posisi ke-41 dalam Indeks Inovasi Global 2024, dengan skor 36,9, naik dari posisi ke-43. Thailand telah menunjukkan peningkatan baik dalam Sub-Indeks Input Inovasi, naik ke posisi ke-41 dari posisi ke-44, maupun Sub-Indeks Output Inovasi, naik ke posisi ke-39 dari posisi ke-43. Kemajuan ini mencerminkan efisiensi input inovasi dalam menghasilkan output inovasi yang lebih besar, melampaui tingkat investasi yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan inovasi."

 

BACA JUGA: Penonaktifan Ibran, Kades Dusun Baru Seluma Hingga Desember! Baru Ditinjau Lagi

BACA JUGA: Mantan Sekda Seluma Irihadi, Hari Ini Diperiksa Jaksa! Tukar Guling Aset

"Thailand tergolong negara yang memberikan hasil lebih baik dari yang diharapkan pada tingkat pembangunan ekonominya. Dibandingkan dengan 34 negara berpendapatan menengah ke atas, kinerja inovasi Thailand berada di atas rata-rata dalam semua faktor. Demikian pula, di Asia Tenggara, Asia Timur, dan Oseania, Thailand berada di peringkat ke-9 dari 17 negara dan tetap berada di peringkat ke-3 di antara negara-negara ASEAN. Sebagian besar negara ASEAN telah melihat peningkatan dalam peringkat GII mereka, khususnya Indonesia, yang telah membuat lompatan signifikan sebanyak 7 peringkat ke posisi ke-54; Vietnam, yang telah naik dua peringkat ke posisi ke-44; dan Malaysia, yang telah naik 3 peringkat ke posisi ke-33," jelas Dr. Krithpaka.

 

Kategori :