Berikut Pusat Gempa Yang Terjadi Di Bandung Hari Ini, Ini Penjelasan BMKG!

Rabu 18-09-2024,14:25 WIB
Reporter : Eldo Fernando
Editor : Eldo Fernando

BANDUNG - Gempa bumi berkekuatan magnitudo 5,0 mengguncang Kabupaten Garut, Jawa Barat, pada Rabu (18/9/2024) pukul 09.41 WIB. Berdasarkan laporan dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), pusat gempa terletak pada koordinat 7,22 lintang selatan (LS) dan 107,70 bujur timur (BT), yaitu 21 kilometer barat daya Kabupaten Garut dengan kedalaman 10 kilometer.

 

 

Menurut data BMKG, guncangan gempa bumi dirasakan dengan skala intensitas III-IV MMI (Modified Mercalli Intensity) di daerah Majalaya, Kab. Bandung, skala III MMI di Banjaran, dan skala II-III MMI di Lembang, Parompong, Kab. Bandung Barat, Baleendah, dan Garut.

 

Diberitakan sebelumnya, BMKG memastikan gempa bumi ini disebabkan oleh aktivitas sesar Garut Selatan (Garsela).

 

"Gempa ini disebabkan oleh aktivitas sesar Garut Selatan (Garsela) dengan mekanisme pergerakan normal," kata Kordinator Bidang Data dan Informasi Stasiun BMKG Bandung, Firga Librian, Rabu (18/9/2024).

BACA JUGA: Gempa Pagi Ini, Buat Warga Khawatir dengan Gempa Megathrust

BACA JUGA:Toyota Fortuner 2.8 GR Sport 2024 Tetap Menjadi Varian Tertinggi Fortuner Diperkenalkan di Jakarta

Info resmi telah diumumkan BMKG, Terjadi gempabumi dengan kekuatan: 5.0 SR, 8 km Tenggara KAB-BANDUNG-JABAR, waktu gempa: 18-Sep-24 09:41:08 WIB, Gempa ini tidak berpotensi TSUNAMI (Event ini sudah direview oleh seismologist.)

 

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencatat, gempa tersebut terjadi di kedalaman 10 kilometer. Gempa tidak berpotensi menimbulkan tsunami.

 

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono mengungkapkan, gempa M 4,9 di Kabupaten Bandung termasuk gempa tektonik.

Kategori :