Bank Indonesia akan Bantu Alat Pengering Gabah, Sudah Survei ke Penerima

Selasa 17-09-2024,09:31 WIB
Reporter : Andry Dinata
Editor : Jeffri Ginting

 

Seluma, Radarseluma.Disway.Id - Kepala Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kabupaten Seluma, Amri mengatakan bahwa Bank Indonesia sudah melakukan survei ke Kelompok Tani di Kelurahan Talang Dantuk, Kecamatan Seluma. 

 

BACA JUGA:Asyik! Diskon Potongan Harga Honda Brio Tipe RS M/T Mobil Populer dan Terlarus di Pasar Otomotif di Indonesia

BACA JUGA:Kijang Innova Beberapa Sentuhan mulai dari New Grille Design with Dark Gray Paint and Chrome List Ornament

 

Menurutnya selanjutnya tinggal menunggu jadwal dari BI untuk penyaluran mesin pengering gabah. "Ya, beberapa waktu yang lalu kita mengusulkan ke BI bantuan mesin pengering gabah. Saat ini sudah survei dan mudah-mudahan tidak ada kendala lagi," kata Amri, kemarin.

 

Amri mengharapkan nantinya pengering gabah ini bisa dimanfaatkan dengan baik oleh petani. 

"Seperti diketahui, sebentar lagi Seluma akan menerima bantuan mesin pengering gabah dari Bank Indonesia (BI) Bengkulu. Bantuan mesin pengering gabah ini nantinya diharapkan bisa dimanfaatkan oleh petani untuk mengolah gabah basah langsung kering dan menjadi padi," tegas Amri. 

 

Amri mengatakan mesin ini memangkas waktu penjemuran padi. Dimana padi atau gabah yang masih basah bisa langsung dikeringkan tanpa harus dijemur matahari. Serta beras yang dihasilkan tetap baik dan tidak rusak atau hancur.

 

"Jadi habis dari panen, padi bisa langsung dikeringkan dan digiling. Bahkan jika ada padi yang terendam juga bisa langsung dikeringkan dan digiling. Untuk menghasilkan beras yang berkualitas," ujar Amri.

 

Kategori :