Inilah Usia Wakil Presiden Republik Indonesia Saat Dilantik Dari Yang Tertua hingga yang termuda.

Senin 16-09-2024,16:00 WIB
Reporter : juliirawan
Editor : juliirawan

Sejarah Indonesia. Radar Seluma. Disway.id - Negara Republik Indonesia sejak kemerdekaan nya tanggal 17 Agustus 1945 yang diproklamirkan oleh Presiden Republik Indonesia Ir. Sukarno Hatta.

Sejak Negara Republik Indonesia ini berdiri sudah Presiden dan Wakil Presiden Negara Republik Indonesia sudah beberapa kali berganti ketika pada zaman Orde lama dan Orde Baru kepemimpinan Presiden tidak di batasi namun sejak lengser nya Presiden Republik Indonesia ke 2 Jenderal Suharto dan lahirlah Repormasi maka masa jabatan Presiden dan Wakil Presiden di batasi hanya 2 Periode saja.
 
Maka sejak kemerdekaan Republik Indonesia, Bangsa Indonesia telah memiliki beberapa Wakil Presiden mulai dari Wakli Presiden pertama Muhammad Hatta hingga saat di jabat oleh Kiyai Haji Makruf Amin.
Kali ini kita akan membahas usia para Wakil Presiden Republik Indonesia saat dilantik mulai dari Wakli Presiden Muhammad Hatta hingga saat ini Wakil Presiden Republik Indonesia Kiyai Haji Makruf Amin.
 
BACA JUGA:Inilah Daftar nama-nama Istri Presiden Sukarno. Yuk Cari Tau Siapa Saja..??
 
Pertama: Kiyai Haji Makruf Amin 
 
Kiyai Haji Makruf Amin Dilantik menjadi Wakil Presiden saat berusia 76 tahun mendampingi Presiden ke 7 Negara Republik Indonesia Joko Widodo atau Jokowi pada masa Periode kedua Jokowi pada 20 Oktober 2019 yang lalu.
 
Prof. Dr. (H.C.) K.H. Ma’ruf Amin adalah Wakil Presiden ke-13 Republik Indonesia setelah bersama Presiden Joko Widodo terpilih dalam Pemilihan Presiden 2019. Ma’ruf Amin lahir di Tangerang Banten. 11 Maret 1943, 
Ma’ruf Amin memiliki pengalaman pernah menjadi Anggota legislatif sejak tahun 1971 hingga tahun 1999. 
Berbagai jabatan publik juga pernah diembannya, mulai dari Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama, Ketua Majelis Ulama Indonesia, hingga anggota Badan Pembinaan Ideologi Pancasila.
 
BACA JUGA:Inilah 2 Mantan Presiden Indonesia Yang Dilupakan Sejarah, Siapa Mereka Yuk Simak..??
 
Kedua: Prof. Dr. Boediono
 
Prosesor Dr Boediono dilantik menjadi Wakil Presiden Republik Indonesia mendampingi Presiden ke 6 Negara Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY pada usia 66 tahun.
Prof. H. Boediono, B.Sc., M.Ec., Ph.D. lahir 25 Februari 1943 dan menjadi  Wakil Presiden Republik Indonesia ke-11 yang menjabat sejak 20 Oktober 2009 hingga 20 Oktober 2014. Ia terpilih dalam Pilpres 2009 bersama pasangannya, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.
 
Ketiga: Muhammad Yusuf Kalla
 
Wakil Presiden Republik Indonesia Muhammad Yusuf Kalla pernah menjabat Wakil Presiden Republik Indonesia 2 kali yaitu pada saat usia 62 tahun ketika mendampingi Presiden ke 6 Negara Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono dan Presiden Negara Republik Indonesia ke 7 Joko Widodo atau Jokowi pada usia 72 tahun.
Muhammad Jusuf Kalla lahir di Wattampone, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan, 15 Mei 1942
Jusuf Kalla merupakan Wakil Presiden RI yang mendampingi dua Presiden yang berbeda. Kalla mendampingi Presiden Joko Widodo pasa periode 2014-2019 dan mendampingi Presiden Soesilo Bambang Yudhoyono pada 2004-2009.
 
 
Keempat: Prof. Dr. Ir. B.J. Habibie 
 
Prof. Dr. Ir. B.J Habibie dilantik menjadi Wakil Presiden Negara Republik Indonesia pada usia 62 tahun
Prof. Dr. Ing. Ir. H. Bacharuddin Jusuf Habibie, FREng atau BJ Habibie lahir 25 Juni 1936 merupakan Presiden RI ke-3, dan juga menjabat sebagai Wakil Presiden ke 7 mendampingi Presiden Soeharto, ketika Soeharto mengundurkan diri pada 21 Mei 1998, Habibie yang menjabat Wakil Presiden ditunjuk menggantikan Soeharto sebagai Presiden RI ke 3.
 
Kelima: Ada Dr. H. Hamzah Haz, Letjen TNI (Purn) Soedharmono, H. Adam Malik, dan Ari Sultan Hamengkubowono IX 
 
Dr. H. Hamzah Haz dilantik menjadi Wakil Presiden Negara Republik Indonesia mendampingi Presiden Republik Indonesia ke 5 Megawati Soekarnoputri dan Letjen TNI (Purn) Soedharmono, H. Adam Malik, dan Ari Sultan Hamengkubuwono IX menjadi Wakil Presiden Suharto dan mereka semua nya dilantik menjadi Wakil Presiden pada usia 61.
 
 
Selanjutnya Letjen TNI (Purn) Umar Wirahadikusumah menjadi Wakil Presiden Negara Republik Indonesia pada usia 59 mendampingi Presiden Republik Indonesia Suharto kemudian Jenderal TNI (Purn) Tri Sutrisno menjadi Wakil Presiden Negara Republik Indonesia mendampingi Presiden Republik Indonesia Suharto dilantik pada saat usia 58 tahun lalu satu-satunya Wakil Presiden Negara Republik Indonesia perempuan yaitu Megawati Soekarnoputri saat menjadi Wakil Presiden Negara Republik Indonesia mendampingi Presiden Republik Indonesia ke 4 Abdulrahman Wahid atau Gus Dur, Megawati Soekarnoputri di Lantik menjadi Wakil Presiden pada usia 52 tahun dan terakhir H. Muhammad Hatta merupakan Wakil Presiden Negara Republik Indonesia pertama dan termuda saat di Lantik menjadi Wakil Presiden Negara Republik Indonesia mendampingi Presiden Republik Indonesia pertama yaitu Presiden Ir Sukarno, saat dilantik H. Muhammad Hatta berusia 43 tahun. 
 
Demikianlah nama-nama Wakil Presiden Negara Republik Indonesia dan usia saat dilantik menjadi Wakil Presiden Negara Republik Indonesia. Mudah-mudah menambah wawasan kita bersama. (djl) 
 
 
Kategori :