Desa di Seluma Jangan Hanya Program Pengadaan Bebek dan Ayam, Evaluasi Keberhasilannya

Minggu 08-09-2024,07:50 WIB
Reporter : Andry Dinata
Editor : Jeffri Ginting

 

PEMATANG AUR, Radarseluma.Disway.Id,  - Bupati Seluma Erwin Octavian, SE mengharapkan agar pemerintah desa harus bisa memaksimal dalam pengelolaan dana desa (DD). Dengan melaksanakan program yang sudah disepakati bersama. Salah satunya program ketahanan pangan yang memang harus dilaksanakan oleh setiap desa.

 

BACA JUGA:Berikut Cara Klaim BPJS Ketenagakerjaan Sebesar Rp 10 Juta

BACA JUGA:5 Mukjizat Yang Allah Anugerahkan Kepada Nabi Daud AS Part Tiga

Untuk program ketahanan pangan, Bupati Seluma mengatakan desa jangan hanya fokus pada pembelian bebek dan ayam. Kemudian dibagikan kepada masyarakat untuk dikembangbiakkan. Namun desa harus bisa menyesuaikan dengan kondisi di desa. Sehingga program ketahanan pangan bisa terlaksana dengan baik. 

 

"Harus disesuaikan dengan kondisi desa. Kalau desa dekat dengan persawahan dan sungai cocok pelihara bebek dan ayam. Tapi kalau desa pegunungan dan perbukitan, cocoknya untuk budi daya sayuran atau yang lainnya," tegas Bupati Seluma. 

 

Bupati khawatir jika program ketahanan pangan ini tidak disesuaikan dengan kondisi desa. Maka ternak yang dibagikan tidak akan berkembang. Namun justru dipotong untuk kebutuhan lauk. 

 

BACA JUGA:Honda Brio Mobil City cCar yang Populer Berhasil Menjadi mobil Angka Penjualan Tertinggi di Indonesia

BACA JUGA:Kisah Keteladanan Nabi Daud AS yang Patut Di Contoh Part Dua

"Jadi untuk pemdes, harus cermat memilih program ketahanan pangan. Yang jelas semua masyarakat desa harus dirangkul," pungkas Bupati.

Bupati juga meminta desa agar mengevaluasi program ketahanan pangan yang telah dilakukan, Apakah berhasil atau gagal, Sehingga tau dimana kelemahannya. (adt)

 

Kategori :