Gempa Pagi Ini, Buat Warga Khawatir dengan Gempa Megathrust

Jumat 06-09-2024,09:02 WIB
Reporter : Jeffri Ginting
Editor : Jeffri Ginting

 

PEMATANG AUR, Radarseluma.Disway.id,  - Pagi tadi, Jumat 6 September 2024, Bengkulu kembali di gundang gempa. Pusatnya di Enggano, namun terasa sampai Seluma dan beberapa kabupaten di Provinsi Bengkulu. Gempa ini dengan kekuatan 5,6 SR. 

Dengan  Lokasi 5.49 LS, 102.61 BT (41 Km Tenggara Enggano Bengkulu) dengan kedalaman sekitar 10 Km.  

Gempa 5,6 SR ini membuat resah warga Bengkulu. Apa lagi sebelumnya beredar isu gempa besar akan mengguncang Pulau Sumatera yang salah satunya di Bengkulu.

BACA JUGA:6 Game Horor Bertema Hotel yang Mengerikan! Jika Takut Jangan Pernah Coba-Coba

BACA JUGA:Gempa 5,6 SR di Pagi Hari di Bengkulu, Buat Warga Seluma Resah

 

''Woi, bahaya ini. Ngapo (kenapa) gempa terus ini. Apa mau gempa megathrust  lah dekat. jadi was-was kita dengan keadaan ini,''ujar salah satu warga, April.

Hal sama diutarakan Yudha, dengan mulai seringnya terjadi gempa, bisa membawa bencana besar. ''Kita  jadi tidak tenang. Takut benar-benar terjadi gempa besar,''jelasnya.

Gempa Megathrust merupakan jenis gempa bumi yang terjadi di zona subduksi, yaitu  wilayah di mana satu lempeng tektonik bumi menyusup di bawah lempeng lainnya, yang mengakibatkan tekanan besar sebelum akhirnya melepaskan energi dalam bentuk gempa.

 

Sebelumnya masalah gempa ini sempat masuk dalam pandangan umum Nasdem dalam beberapa waktu lalu.

"Kalau dari isu yang berkembang, Bengkulu nomor 5 yang paling terasa dampaknya. Kemudian Kabupaten Seluma menjadi yang nomor dua. Walaupun sebatas isu kita harus mulai melakukan persiapan," kata Tenno Heika dalam pandangan umumnya.

 

BACA JUGA:Terungkap Spesifikasi dan Harga Mobil Toyota Innova di Dealer Resmi Bengkulu Sangat Terjangkau

Kategori :