Kisah Mukjizat & Keteladanan Nabi Dzulkifli AS Yang Dapat Di Ambil Hikmah

Kamis 05-09-2024,19:20 WIB
Reporter : juliirawan
Editor : juliirawan

Kajian Islam. Radar Seluma. Disway.id - Setiap Nabi dan Rasul tentu akan menjadi tauladan bagi umat dan kaumnya serta memiliki Mukjizat sebagai pembuktian kenabian dan juga untuk menangkal setiap tipu muslihat umatnya yang berusaha untuk mengingkari atas kenabian seorang Nabi dan Rasul dengan keteladanan serta Mukjizat itu mampu membuat seseorang atau suatu kaum menjadi beriman akan tetapi banyak juga terap tidak bisa menerima kebenaran tersebut dan pada akhirnya meninggal dalam keadaan kafir.

Sama hal nya dengan Nabi Dzulkifli AS tentu juga memiliki Mukjizat dan teladan kali ini Radar Seluma. Dusway.id akan mengupas Mukjizat dan teladan yang dimiliki oleh Nabi Dzulkifli AS.

A. Mukjizat Nabi Dzulkifli AS 

Pertama: Nabi Dzulkifli diberi gelar dan menjadi seorang Raja

Suatu ketika di sebuah Negeri hidup seorang Raja yang sudah tua akan tetapi tidak memiliki keturunan dan merasa akan bisa lagi memimpin rakyat nya lalu berkata kepada rakyat nya

“Wahai rakyatku, siapa di antara kalian yang sanggup puasa di siang hari, beribadah di malam hari dan tidak marah-marah. Maka akan kuserahkan kerajaanku ini kepadamu, karena aku sudah tua, wahai rakyatku, aku bertanya sekali lagi, siapa yang sanggup berpuasa pada siang hari, beribadah di malam hari, dan tidak marah-marah?.”

Lalu berdirilah seorang pemuda bernama Basyar, lalu menjawab dengan lantang

“Saya sanggup.”

Dari sekian banyak rakyatnya hanya Basyar yang berani untuk berdiri dan menjawab, kemudian Basyar lantas diangkat menjadi seorang Raja dan diberi gelar ‘Dzulkifli’ yang artinya orang yang sanggup sehingga Basyar lebih di kenal dengan nama Nabi DZulkifli AS setelah menjadi Sorang Raja Nabi Dzulkifli AS menjadi seorang Raja yang adil terhadap rakyat nya dan tidak sombong bahkan terap taat dalam menjalankan perintah Allah SWT dan terus berdakwah menyampaikan tauhid.

BACA JUGA:Kisah Nabi Zulkifli AS Yang Rendah Hati Part Satu

Kedua: Nabi Dzulkifli AS merupakan seorang Nabi yang terkenal sabar

 

Suatu hari, diceritakan sebelum nya Syetan datang untuk menggoda Nabi Dzulkifli AS ketika Nabi Dzulkifli AS sedang beristirahat. Syetan datang dengan cara menyamar sebagai seorang manusia layak nya seorang kakek tua dan meminta Nabi Dzulkifli AS untuk menyelesaikan masalahnya, karena Nabi Dzulkifli AS sedang beristirahat maka meminta tamunya itu untuk datang besok malam juga bersama dengan yang tertuduh.

Akan tetapi Syetan tersebut justru datang di pagi harinya bukan pada malam hari singkat cerita Nabi Dzulkifli AS meminta datang malam Syetan tersebut datang pagi di minta pagi datang malam hal tersebut di sengaja oleh Syetan untuk membuat dan mancing Nabi Dzulkifli AS agar terbakar amarah ya namun singkat cerita gal tersebut tetap saja rencana Syetan tersebut gagal dan Nabi DZulkifli AS tetap menghadapi tamu nya itu dengan sabar tanpa terpancing sedikit pun emosinya.

Dari kisah tersebut dapat dilihat bahwa Nabi Dzulkifli adalah seorang Nabi yang sabar. Ia bisa mengatur waktunya dengan baik, menyeimbangkan urusan dunia dan akhirat.

BACA JUGA:Kisah Syetan yang Menggoda Nabi Zulkifli AS Part Dua

B. Teladan Nabi Zulkifli AS Raja yang Luar Biasa Sabar

Keteladanan Nabi Dzulkifli AS patut kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Dia sangat sabar dan tidak mudah mengeluh ketika Allah SWT memberikan banyak ujian.

Semasa hidupnya, dia diutus Allah menyebarkan Islam pada kaum Amoria di Damaskus, Suriah. Berikut keteladanan Nabi Dzulkifli yang wajib Anda ketahui:

Pertama: Tidak Pernah Berbohong dan Selalu Menepati Janji

Nabi Dzulkifli menjadi satu-satunya anak Nabi Ayub yang selamat dari musibah runtuhnya rumah sang ayahanda. Diketahui kejadian tersebut menewaskan seluruh saudaranya kecuali dirinya.

Nabi Dzulkifli AS tumbuh menjadi anak yang penyabar, hal tersebut merupakan jawaban dari sebuah doa atas namanya sewaktu kecil, saat masih kecil, Nabi Dzulkifli AS bernama Barsyadan yang memiliki arti orang yang sabar sehingga penduduk setempat menyayangi dan senang dengan Nabi Dzulkifli AS Keteladanan Nabi Zulkifli sejak kecil tercermin dari sifatnya yang sangat jujur.

Kedua: Manusia yang Taat Beribadah


Sebelum diangkat menjadi seorang Nabi, Nabi Dzulkifli AS sudah taat dan rajin beribadah dalam kesehariannya, dia selalu mengerjakan ibadah sholat sebanyak 100 kali setiap harinya.

Sebagaimana Allah SWT berfirman dalam Al-Qur'an terdapat dalam Surat Al-Anbiya ayat 86 yang berbunyi: 

وَأَدْخَلْنَٰهُمْ فِى رَحْمَتِنَآ ۖ إِنَّهُم مِّنَ ٱلصَّٰلِحِينَ

Artinya: "Kami telah memasukkan mereka kedalam rahmat Kami. Sesungguhnya mereka termasuk orang-orang yang saleh" (Al-Anbiya 86)

BACA JUGA:Kisah Nabi Yusuf AS Yang Memiliki Wajah Tampan cerdas dan jujur.

Ketiga: Berpendirian Teguh dan Sabar

Nabi Dzulkifli AS menjadi seorang Raja yang sabar dan berpendirian teguh. Berkat sifat-sifat tersebut dia selalu bijak dalam menghadapi berbagai persoalan, Nabi Zulkifli tidak terburu-buru saat mengambil keputusan namun selalu melihat permasalahan dari berbagai sudut pandang.

Demikianlah Mukjizat dan teladan dan dapat kita ambil hikmah dan dapat dijadikan teladan bagi hidup dan kehidupan kita untuk menuju kampung akhirat yang abadi. (djl) 

Tamat.

Kategori :