Ini lah 4 Mukjizat Nabi Harun AS

Rabu 04-09-2024,13:00 WIB
Reporter : juliirawan
Editor : juliirawan

Kajian Islam. Radar Seluma. Disway.id - Nabi Harun AS merupakan seorang Nabi yang sangat setiap membantu perjuangan Nabi Musa AS ya g tak lain adiknya sendiri karena kesetiaan Nabi Harun AS dalam perjuangan dakwahnya Nabi Musa AS meminta dan memohon pertolongan Allah SWT agar mengangkat Nabi Harun AS menjadi seorang Nabi dan Rasul dan hal itu di kabulkan oleh Allah SWT.

Nabi Harun AS sebagaimana Nabi-nabi dan Rasul lainnya juga memiliki Mukjizat sebagai pembuktian atas kenabian dan juga untuk melawat setiap tipu muslihat kaum para Nabi tersebut.

Berikut Mukjizat-mukjizat Nabi Harun AS yang di anugerah oleh Allah SWT kepada Nabi Harun AS

 BACA JUGA:Allahu Akbar..!! Ternyata ada Amalan Yang Mampu Menghapus Dosa Meskipun Berbuat Dosa Hingga 100 Tahun

Pertama: Pandai Berbicara dan Berdakwah

Nabi Harun AS memiliki Mukjizat yaitu pandai berbicara dan berdakwah. Nabi Harun AS lebih fasih berbicara daripada Nabi Musa AS Ia juga sangat piawai dalam berdakwah dan berkomunikasi, bahasa yang digunakan sangat jelas dan tegas.

Keberadaan Nabi Harun AS ini sangat membantu Nabi Musa AS untuk menghadapi Bani Israil yang ahli berdebat. Mukjizat Nabi Harun AS dari Allah SWT ini tertuang dalam Al-Qur'an Surat Al-Anbiya ayat 48-49 yang berbunyi:

وَلَقَدْ ءَاتَيْنَا مُوسَىٰ وَهَٰرُونَ ٱلْفُرْقَانَ وَضِيَآءً وَذِكْرًا لِّلْمُتَّقِينَٱلَّذِينَ يَخْشَوْنَ رَبَّهُم بِٱلْغَيْبِ وَهُم مِّنَ ٱلسَّاعَةِ مُشْفِقُونَ

Artinya: "Dan sesungguhnya telah Kami berikan kepada Musa dan Harun Kitab Taurat dan penerangan serta pengajaran bagi orang-orang yang bertakwa. (Yaitu) orang-orang yang takut akan (azab) Tuhan mereka, sedang mereka tidak melihat-Nya, dan mereka merasa takut akan (tibanya) hari kiamat." (QS Al -Anbiya 48-49)

Dengan dikaruniai Mukjizat pandai berbicara dan berdakwah Nabi Harun AS berperan penting dalam perdebatan yang terjadi antara Nabi Musa AS dengan Raja Firaun. Perdebatan yang terjadi sangat sengit, namun dengan bantuan Nabi Harun AS Nabi Musa AS berhasil membawa Bani Israil dari Negeri Mesir.

BACA JUGA:Kisah Nabi Harun AS. Tenan Setia Nabi Musa Pandai Berbicara dan Berdakwah Part Satu

Kedua: Tongkat Yang Berbunga

Pada suatu ketika, Bani Israil melakukan pengangkatan pemimpin. Tetapi, untuk memimpin Bani Israil belum ada yang pantas sehingga memicu perdebatan. Allah SWT memerintahkan untuk meletakkan tongkat setiap pemimpin suku Bani Israil pada tempat yang suci.

Termasuk tongkat milik Nabi Harun AS juga ikut dimasukkan dalam tempat suci tersebut. Keesokan harinya, Nabi Musa AS melihat bahwa tongkat Nabi Harun AS bertunas dan berbunga. Hal ini menandakan bahwa Allah SWT memilih Nabi Harun AS sebagai pemimpin Bani Israil.

Ketiga: Kesempatan Memimpin Bani Israil

Kepergian Nabi Musa AS selama 40 hari menerima wahyu dari Allah SWT di Bukit Tursina, Nabi Harun AS menjadi pemimpin Bani Israil. Selama itu juga, dia berhasil mempertahankan kaumnya untuk selalu berada di jalan yang benar

Namun, salah satu Bani Israil yang namanya Samiri memiliki hasutan yang buruk, hingga banyak yang kembali menyembah berhala. Lalu, dalam rentang waktu 40 hari tersebut Nabi Harun AS harus kehilangan banyak kaumnya.

BACA JUGA:Kisah Nabi Yaqub AS Putra Nabi Ishaq AS

Keempat: Meninggal di Bawah Pohon Bergerak

Saat berada di atas puncak Gunung Hor yang kini bernama Gunung Harun, terdapat pohon di puncak gunung tersebut. Pohon itu tak terlihat sebelumnya oleh Nabi Harun AS maupun Nabi Musa AS, dan lainnya. Bahkan terdapat rumah dilengkapi kasur dan aromanya yang harum.

Nabi Harun AS. yang kelelahan akhirnya beristirahat di atas kasur tersebut, lalu ajal menjemputnya ketika sedang tidur. Setelah itu, dengan sendirinya pohon tersebut bergerak dan Nabi Harun AS diatasnya naik hingga ke langit.

Demikian penjelasan kisah Nabi Harun lengkap dari lahir sampai wafat beserta Mukjizatnya yang mengharukan.(djl)

Bersambung Part Tiga 

Kategori :