Suri Tauladan & Mukjizat Nabi Syu’aib Part Lima (Tamat)

Selasa 03-09-2024,09:54 WIB
Reporter : juliirawan
Editor : juliirawan

Kajian Islam. Radar Seluma. Disway.id - Setiap Nabi dan Rasul tentu harus menjadi taulan bagi umat dan pengikut nya serta menjadi tauladan bagi umat seluruh di dunia karena seorang Nabi dan Rasul harus menjadi contoh bagi umat manusia untuk di jadikan pedoman dalam hidup dan kehidupan baik dunia maupun akhirat, selain harus menjadi tauladan seorang Nabi dan Rasul juga memiliki Mukjizat sebagai bukti kerasulan dan kenabian nya begitu juga dengan Nabi Syu'aib AS juga memiliki suru tauladan dan Mukjizat yang tiada kala dengan Nabi-nabi yang lain.

BACA JUGA:Kisah Nabi Syuaib AS Ahli Pidato Kala Itu

Berikut setidaknya ada empat suri tauladan yang dimiliki oleh Nabi Syu'aib AS yang dapat menjadi contoh baik bagi kaum Madyan sendiri Umat Nabi Syu'aib AS maupun bagi kita Muslim saat ini tentu masih banyak kekurangan kelemahan sebagai insan manusia biasa berikut penjelasan nya  

Pertama: Senantiasa Dekat dengan Allah SWT 

Nabi Syu’aib AS dalam setiap kegiatannya tidak pernah lupa dengan Allah SWT, beliau selalu melaksanakan perintah-perintah Allah  SWT dan menjauhi larangannya. Oleh sebab itu, beliau memiliki hati yang bersih dan suka membantu orang lain yang sedang membutuhkan pertolongan, perilaku seperti ini perlu kita tanam di dalam diri umat Muslim agar kita selalu berada di jalan yang benar dan menjauhi larangan-larangannya.

BACA JUGA:Nabi Syu'aib Diutus Bagi Kaum Madyan Part Dua

Kedua:  Kemampuan Berkomunikasi yang Baik

Nabi Syu'aib AS Sorang juru pidato begitulah julukan yang diberikan kepada Nabi Syu’aib AS karena kemampuannya dalam berkomunikasi dan berargumentasi dengan orang lain, sifat ini sangat diperlukan bagi kita karena bisa mengajak orang lain agar menuju jalan yang benar.

Ketiga: Selalu Membantu Orang Lain


Nabi Syu’aib AS sangat suka membantu orang lain terutama orang-orang yang sedang dalam keadaan kesulitan. Membantu orang lain merupakan suatu hal yang sangat baik, bahkan harus dilakukan. Dengan membantu orang lain, maka orang yang dibantu akan senang dan kita yang membantu akan mendapatkan pahala. Selain itu, membantu orang lain bisa mempererat tali silaturahmi.

BACA JUGA:Kisah Perjalanan Dakwah Nabi Syuaib Terhadap Kaum Madyan Part Tiga

Keempat: Selalu Menjaga Hati dan Diri


Nabi Syu’aib AS selalu menjaga hati dan dirinya agar tidak muncul perasaan benci, sombong, dan lain-lain yang bisa merugikan diri sendiri dan orang lain. Begitu juga, dengan diri kita harus menjaga hati dan diri agar tidak terjerumus ke jalan yang salah.

Selain memiliki sifat tauladan yang patut di contoh Nabi Syu'aib AS juga memiliki Mukjizat seperti Nabi-nabi yang lain sebagai pembuktian kerasulan dan kenabian nya.

BACA JUGA:Azab Allah SWT Bagi Kaum Madyan Umat Nabi Syu'aib AS Part 4

Akibat kezaliman kaum Madyan dan tidak mau mengakui kenabian Nabi Syu'aib AS dan ingkar kepada Allah SWT maka Nabi Syu'aib AS berdoa kepada Allah SWT agar di berikan azan kepada Kaum Madyan berupa kekeringan dan bencana gempa bumi atas Mukjizat dari Allah SWT  maka Nabi Syuaib AS dan pengikutnya selamat dari azab Allah SWT tersebut sebagaimana yang menimpa kepada kaum Madyan.

Selain selamat dari bencana kekeringan dan gempa bumi mukjizat Nabi Syu'aib AS mampu mendatangkan azab badai panas berupa awan hitam, petir dan gempa bumi atas izin Allah SWT. (djl) 

Tamat.

 

Kategori :