Desak Fore Coffee Wujudkan #CagefreeFOREveryone dengan Komitmen Bebas Sangkar

Sabtu 31-08-2024,19:23 WIB
Reporter : Jeffri Ginting
Editor : Jeffri Ginting

 

Yogyakarta, Radarseluma.Disway.Id — Sebanyak sebelas aktivis perlindungan hewan dari  Animal Friends Jogja (AFJ) menggelar aksi di depan gerai Fore Coffee Kaliurang, Yogyakarta, dan tujuh aktivis dari Act For Farmed Animals (AFFA) menggelar aksi di kantor pusat Fore Coffee di Jakarta sehari sebelumnya, Kamis (29/8). Aksi ini dilakukan sebagai bentuk desakan pada salah satu jaringan coffee chain terbesar di Indonesia agar mereka menunjukkan kepedulian terhadap kesejahteraan hewan, khususnya ayam petelur, dengan menerbitkan komitmen bebas sangkar (cage-free). 

BACA JUGA:September, Beasisawa Bill Gates untuk S2 di Inggris Dibuka, Simak Syarat

BACA JUGA:Paus Fransiskus Kunjungan ke Indonesia, Isunya Hanya Fokus Perdamaian dan Toleransi

 

“Fore, tunjukkan kepedulianmu, terbitkan komitmen bebas sangkar sekarang juga! #CagefreeFOREveryone” terlihat di salah satu poster yang diusung oleh para aktivis. Mereka berjajar di depan gerai Fore Coffee dengan mengenakan pakaian yang beragam, menggambarkan inklusivitas telur cage-free yang layak didapatkan oleh seluruh pelanggan Fore yang datang dari berbagai latar belakang. Dua orang terlihat mengenakan apron khas barista bertuliskan #CagefreeFOREveryone; seorang membawa kandang baterai berisikan boneka ayam yang berhimpitan dan seorang lagi terlihat melakukan adegan teatrikal memegangi tangan seseorang yang mengenakan kostum ayam, menggambarkan ayam petelur di dalam kandang baterai yang tak bisa bergerak bebas. 

 

 

“Fore Coffee dalam webnya menjelaskan fokus mereka pada keberlanjutan dan etika bisnis dengan tagar mereka  #FOREsponsible, namun hal itu tidak sejalan dengan sikap Fore Coffee yang sampai saat ini belum mengeluarkan komitmen bebas sangkarnya,” tegas Dhiani Probhosiwi, Manajer Kampanye untuk Program Hewan yang Diternakkan, AFJ. “Peduli pada pelanggan berarti peduli terhadap produk yang disuguhkan dan dari mana bahan baku produk tersebut diperoleh. Sudah saatnya konsumen tahu dari mana Fore Coffee memperoleh telur yang mereka gunakan dalam rantai pasoknya," lanjutnya.

 

 

Dengan desakan yang sama, aktivis di Jakarta membawa poster tuntutan, memakai topeng ayam dan membagikan selebaran di depan kantor pusat Fore Coffee di Jakarta. Mereka mendesak Fore Coffee segera membuat komitmen bebas sangkar dengan membawa satu gelas kopi raksasa setinggi manusia dewasa, bertuliskan #CagefreeFOREveryone, sebagai simbol tuntutan mereka. Perwakilan AFFA juga menyampaikan desakan ini kepada perwakilan dari tim Human Capital dan Legal dari Fore Coffee di tengah aksi. 

 

BACA JUGA:Pensiun dari Liverpool, Juergen Klopp Terlihat Nikmati Paralimpiade Paris 2024

BACA JUGA:Wow! Cristiano Ronaldo Mencetak Gol Spektakuler Saat Juventus Menundukkan Sampdoria Pada Lanjutan Serial A

Kategori :