Ini Solusi yang Ditawarkan Distan Seluma, Antisipasi Kekeringan Sawah

Rabu 28-08-2024,09:48 WIB
Reporter : Tri Suparman
Editor : Jeffri Ginting

 

 

PEMATANG AUR, Radarseluma.Disway.Id,  - Keluhan dari kelompok tani (Poktan) yang disampaikan melalui Kepala Desa Tebat Sibun, Kecamatan Talo Kecil Kabupaten Seluma, Wekadin Saputra. Soal  adanya 100 hektare sawah yang mengalami kekeringan karena musim kemarau. Ditangapi Dinas Pertanian Kabupaten Seluma (Distan). Distan memberikan 2 solusi kepada Poktan.

 

Disampaikan Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Seluma, Arian Sosial, SP MSi, ada 2 opsi untuk atasi kekerigan  ini.  Dinas Pertanian Kabupaten Seluma mempersilahkan kepada kepala desa ataupun Poktan untuk melakukan pinjam pakai pompa air yang saat ini tersedia.

 

BACA JUGA:Komitmen Teruskan Inovasi Berkelanjutan, Sudah 25 Solar Panel Dipasang FIFGROUP

BACA JUGA:Paus Fransiskus Datang ke Jakarta, Para Pekerja Work From Home 5 September

Dimana pompa air tersebut saat ini telah tersedia di Kodim 0425/Seluma. Pompa tersebut diketahui, selain tersedia untuk pinjam pakai. Dinas Pertanian Kabupaten Seluma pada tahun 2024 ini juga telah membagikan sebanyak 34 pompa air kepada

beberapa poktan yang berada di wilayah Kabupaten Seluma. Bahkan pada saat ini tengah dalam proses pengusulan sebanyak 69 pompar air.

 

Sedangkan untuk opsi kedua yakni untuk jangka menengah. Dimana kepada poktan dipersilahkan mengajukan proposal yang diketahui oleh petugas dari Dinas Pertanian Kabupaten Seluma dan kepala desa untuk meminta bantuan sumur bor atau irigasi perpompaan.

 

Nantinya Dinas Pertanian Kabupaten Seluma berupaya agar proposal tersebut diusulkan ke Kementrian Pertanian RI maupun Pemerintah Provinsi Bengkulu. Dengan harapan agar usulan tersebut dapat direalisasikan disisa akhir tahun 2024 ini.

 

Kategori :