Soal Isu Gempa Megathrust di Nasional, DPRD Minta Agar Pemda Seluma Siap-Siap

Rabu 21-08-2024,17:00 WIB
Reporter : Andry Dinata
Editor : Jeffri Ginting

 

PEMATANG AUR, Radarseluma.Disway.id,  - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Seluma fraksi Persatuan Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan dan Nasional Demokrat (NasDem) meminta eksekutif melakukan persiapan matang terhadap potensi Gempa Megathrust yang diprediksi akan mengguncang Sumatera.

 

BACA JUGA:5 Game Rekomendasi Dengan Tema Kabur Penjara Terbaik

BACA JUGA:Trending, Istri Pratama Arhan Diduga Selingkuh! Jadi Perbincangan Di Twitter

 

Gempa Megathrust merupakan jenis gempa bumi yang terjadi di zona subduksi, yaitu  wilayah di mana satu lempeng tektonik bumi menyusup di bawah lempeng lainnya, yang mengakibatkan tekanan besar sebelum akhirnya melepaskan energi dalam bentuk gempa.

 

"Kalau dari isu yang berkembang, Bengkulu nomor 5 yang paling terasa dampaknya. Kemudian Kabupaten Seluma menjadi yang nomor dua. Walaupun sebatas isu kita harus mulai melakukan persiapan," kata Tenno Heika dalam pandangan umumnya, kemarin.

Diketahui bahwa, Indonesia merupakan negara yang terletak di pertemuan tiga lempeng tektonik besar. Sehingga, apabila terjadi pergeseran dan saling bertabrakan pada lempeng tektonik tersebut, Indonesia akan mengalami ancaman serius.

 

"Kita apresiasi pemerintah daerah sudah menganggarkan Belanja Tidak Terduga (BTT) sebesar Rp5 miliar. Kita berharap ini nanti dapat digunakan sebagaimana mestinya dan kejadian lalu tidak kembali terulang," sambungnya.

Berdasarkan catatan BMKG, menunjukkan bahwa zona subduksi yang paling aktif dan rentan dalam memicu potensi adanya Gempa Megathrust di Indonesia ini berada di wilayah pesisir Sumatera dan Jawa.

 

BACA JUGA:55 Tim Sepak Bola Bersaing Di Kejuaraan Pagar Agung Cup

Kategori :