Kasus ISPA Di Seluma Tinggi, Ini Jumlahnya!

Selasa 20-08-2024,20:56 WIB
Reporter : Eldo Fernando
Editor : Eldo Fernando

 

PEMATANG AUR - Memasuki musim kemarau, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Seluma meminta masyrakat agar waspada penyakit Infeksi Saluran Pernapasan Akut (Ispa).

 

Mengingat seiring dengan musim kemarau , penyakit yang berkaitan dengan Inspeksi Saluran Pernafasan Atas (ISPA) sangat rentan terjadi.

 

Sepanjang Januari hingga Agustus 2024 saja, masyarakat yang mengalami penyakit Ispa lumayan tinggi mencapai 7.647 kasus.

 

Kepala Dinas Kesehatan Seluma melalui Kepala Bidang Pengendalian Penyakit,Penular(P2P) Masda, dengan tingginya angka kasus Ispa, ia mengimbau masyarakat dapat menjaga pola hidup sehat dengan mengkonsumsi makanan bergizi dan bervitamin, sehingga imunitas tubuh semakin kuat dan tidak mudah terserang ISPA.

 

" Ya, sepanjang Januari hingga Agustus kasus Ispa mencapai 7647 kasus. Maka dari itu, saya minta masyarakat tetap waspada akan penyakit ispa di musim kemarau dengan menjaga pola hidup sehat, " sampainya Kabid P2P Masda

 

Lanjutnya , juga masyarakat dapat membiasakan budaya pola perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) dengan menjaga kebersihan lingkungan serta menggunakan air bersih.

BACA JUGA:Akselerasi Pertumbuhan Ekonomi yang Inklusif dan Berkelanjutan

BACA JUGA:Serempet Pejalan Kali, Pengendara Scoopy Hantam Truk Hino di Niur Seluma

Dikatakannya, ada beberapa gejala ISPA, di antaranya hidung tersumbat dan pilek, batuk kering tanpa dahak, demam ringan, sakit tenggorokan, sakit kepala ringan, bernapas cepat atau kesulitan napas dan warna kebiruan pada kulit akibat kekurangan oksigen.

Kategori :