Anggota TNI Turun Bersihkan Lahan Petani, Ikut Tingkatkan Ketahanan Pangan

Selasa 13-08-2024,07:00 WIB
Reporter : Muktar Ilyas
Editor : Jeffri Ginting

 

 

BENGKULU SELATAN, Radarseluma.Disway.Id,  - Kodi 0408 BS/K menurunkan anggota NI untuk ikut bersihkan lahan petani. Baik itu petani palawija maupun petani sawah. Tindakan menerjunkan angota TNI ini, dalam rangka melaksanakan program Pemberdayaan Prajurit dan Masyarakat agar hasil pertanian Produktif. Salah satuya dilakukan Serka wakimin Babinsa 05 Kayu Kunyit Manna Wilayah desa Batu Kuning kecamatan Pasar Manna Kodim 0408 BS/K melaksanakan penanaman jagung, padi dan sekaligus pembersihan lahan.

 

BACA JUGA:Musim Panas Penyebab Sawit Tidak Berbuah

BACA JUGA:Logistik Surat Suara Ditentukan Usai Penetapan DPT

"Pendampingan yang dilakukan ini merupakan salah satu tugas pokok dari aparat teritorial yang ada di wilayah untuk membantu masyarakat menyelesaikan masalah dan juga membantu meningkatkan ketahanan pangan yang ada di wilayah binaan masing-masing,"ungkap Wakimin.

 

Diakui Wakimin, kegiatan ini bukan hanya dilakukan dirinya semata, bahkan kepala Desa Batu Kuning Melian Lutfi ikut serta membantu distribusikan air ke lahan sawah agar tanaman selalu bersih dan tanaman tidak kekurangan air.

 

"Perawatan dan penyemprotan dilakukan di sekitar tanaman untuk mencegah tanaman  terserang hama ulat daun dengan usia tanam kurang lebih 2 bulan atau 3 hari,"ucap Wakimin.

 

Wakimin juga mengakui perawatan pertumbuhan tanaman bertujuan untuk memberikan motivasi kepada petani agar tetap semangat dalam melakukan perawatan yang optimal tanaman yang telah di tanam. Sehingga tumbuh subur dan menghasilkan sesuai dengan yang diharapkan.

 

Ia mengimbau dan mendorong para petani untuk memanfaatkan lahan yang belum ditanami untuk dijadikan lahan produktif. Sehingga dapat menghasilkan bahan produksi pertanian yang dapat memberikan pendapatan bagi para petani.

Kategori :