Simpan Hibah Pilkada di BSI, BSI Bangunkan Pagar di Kantor KPU Seluma

Jumat 02-08-2024,08:55 WIB
Reporter : Andry Dinata
Editor : Jeffri Ginting

 

PEMATANG AUR, Radarseluma.Disway.Id,  - Ternyata, ada pemberian BSI kepada KPU Seluma. Karena  menyimpan dana hibah Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) ke Bank Syariah Indonesia (BSI).

 Komisi Pemilihan Umum (KPU) Seluma mendapatkan reward pembangunan pagar senilai Rp104 juta. Nominal tersebut satu persen dari hibah tahap pertama yaitu sebesar Rp10,2 miliar. Reward yang diterima ini bukan berbentuk uang melainkan bangunan. BSI yang menghandle seluruh pembangunan pagar.

 

BACA JUGA:Inilah 7 Game Sepak Bola Paling Banyak Dimainkan di Seluruh Dunia! APakah Anda Sudah Mencobanya?

BACA JUGA:6 Game Sepak Bola Ofline Terbaik yang Direkomendasikan Untuk Anda!

 

Hal ini disampaikan Sekretaris KPU Seluma Rudi Yulianto, saat dikonfirmasi membenarkan hal tersebut. Lalu Rudi menyampaikan alasan mereka tidak menyimpan hibah Pilkada di Bank Bengkulu karena saat itu hanya BSI yang mampu memberikan reward pembangunan pagar. 

 

"Kita sudah undang semua bank termasuk Bank Bengkulu. Namun saat itu hanya BSI yang mampu memberikan reward tersebut," kata Rudi saat dihubungi, kemarin (1/8).

 

Sebelumnya, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Seluma Nofi Eriyan Andesca, S.Sos mempertanyakan apa dasar KPU Seluma dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Seluma tidak menggunakan Bank Daerah untuk menyimpan dana hibah Pilkada yang nominalnya mencapai puluhan miliar rupiah. Nofi mengharapkan KPU dan Bawaslu segera memindahkan uang tersebut ke Bank Daerah. Bukan karena ada kepentingan pribadi. 

 

Menurut Nofi pemerintah daerah  harus mendukung dan memiliki beban untuk memajukan Bank Daerah. 

"Saya mempertanyakan apa yang menjadi dasar legalitas sehingga dana hibah ini diletakan bukan di Bank Daerah. Daerah ini punya tanggungjawab untuk memajukan Bank Daerah. Saya minta untuk segera ditarik dan dipindahkan ke Bank Daerah," ujar Ketua DPRD saat ditemui Radar Seluma, belum lama ini (30/7).

Kategori :