Buang Sampah Pada Tempatnya, Dispar Ingatkan Pedagang

Kamis 25-07-2024,10:42 WIB
Reporter : Radar Seluma
Editor : Radar Seluma

 

 

BENGKULU SELATAN, radarseluma.disway.id - Setiap orang diwajibkan untuk menjaga lingkungan sekitarnya. Hanya saja, masih banyak orang yang tidak bisa menjaga lingkungannya, seperti terjadi di objek pantai pasar bawah, masih terdapat sampah dibuang secara sembarangan oleh pedagang dan pengunjung.

 

Kepala Dinas Parawisata (Dispar) Bengkulu Selatan, Rendra Febrianto M.Si mengimbau kepada seluruh masyarakat, pengunjung dan pedagang agar bisa membuang sampah pada tempat yang sudah disediakan.

 

"Tidak menampik saat ini masih ada sejumlah masyarakat yang belum memiliki kesadaran untuk membuang sampah pada tempatnya. Buktinya, sampah yang dibuang secara sembarangan masih ditemui, seperti sampah plastik, bekas batok kelapa,"ungkap Rendra.

 

Dikatakan Rendra, rutin petugas DLHK menjalankan tugas pokok dan fungsi bersihkan sampah-sampah yang ada di pinggir jalan protokol, pantai pasar bawah kerap diangkut setiap pagi dan harus didukung. Tidak bisa dititik beratkan ke petugas DLHK. Maka keterlibatan masyarakat sangat diharapkan. Salah satu contoh buanglah sampah pada tempat yang telah disediakan. Bila ini dibuang sembarangan bisa membuat susa petugas ambil sampah, serta dibiarkan dapat membuat lingkungan kotor, bawah bila dibiarkan. Serta dapat menimbulkan penyakit.

BACA JUGA:Resmi Disahkan Menjadi Perda, RPJPD BS 2025-2045

BACA JUGA:Kajian Bendungan Air Ndelengau, Bappeda-Litbang BS Lakukan FGD

"Seluruh masyarakat, dan terutama pedagang kuliner yang berjualan di pantai supaya buang sampah pada tempatnya karena dari hasil pantauan masih terdapat sampah di tepi laut,"ujar Rendra.

 

Ia menambahkan permasalahan sampah adalah tanggung jawab semua, dalam hal ini pemerintah dan semua masyarakat. Sebelum permasalahan sampah menjadi permasalah yang serius dan berdampak pencemaran, maka himbauan kepada seluruh lapisan masyarakat Kabupaten Bengkulu Selatan, untuk selalu menjaga lingkungan dan terutama budaya membuang sampah pada tempatnya.

 

Kategori :