Pelabuhan Yaman Terbakar Diserang Pesawat Israel, Sulit Dipadamkan

Rabu 24-07-2024,11:08 WIB
Reporter : Radar Seluma
Editor : Radar Seluma

 

 

Kelompok militan Houthi mengatakan lebih dari 80 orang lainnya terluka dalam serangan itu, banyak dari mereka menderita luka bakar parah.

 

BACA JUGA:Wabup Seluma Sampaikan Jawaban Eksekutif di Paripurna DPRD

 

Serangan pada hari Sabtu ini adalah yang pertama dilakukan Israel di negara termiskin di Semenanjung Arab tersebut. Serangan ini terjadi sebagai respons atas serangan drone Houthi yang menembus pertahanan udara Israel, menewaskan satu orang di Tel Aviv sehari sebelumnya.

 

Kelompok Houthi, yang memerangi Israel sebagai bagian dari jaringan regional kelompok-kelompok yang didukung Iran, telah menjanjikan pembalasan "besar" terhadap serangan tersebut. Houthi mengancam akan kembali menyerang Tel Aviv.

 

Otoritas pelabuhan Yaman mengatakan Hodeida "beroperasi dengan kapasitas penuh," menurut kantor berita Houthi Saba.

 

Pelabuhan Hodeida adalah pintu masuk penting untuk impor bahan bakar dan bantuan internasional untuk wilayah Yaman yang dikuasai kelompok militan Houthi. Menurut PBB lebih dari separuh penduduk Yaman bergantung pada bantuan kemanusiaan.

 

"Pelabuhan Hodeida adalah jalur vital untuk menyalurkan bantuan kemanusiaan ke Yaman," kata Komite Penyelamatan Internasional (IRC) dalam sebuah pernyataan melalui email kepada AFP.

 

Kategori :