Perpusda BS Keliling, Layanan Tanpa Dipungut Biaya

Selasa 23-07-2024,11:20 WIB
Reporter : Radar Seluma
Editor : Radar Seluma

 

 

BENGKULU SELATAN, radarseluma.disway.id - Perpustakaan daerah (Perpusda) keliling merupakan layanan Dinas Perpustakaan Umum dan Arsip Daerah yang menjangkau sekolah, taman bacaan masyarakat (TBM), pondok pesantren serta beberapa titik taman Pemerintah.

 

Kepala Dinas Perpusda Bengkulu Selatan, Sri Gusti SH menuturkan bahwa pihaknya inten menggelar perpusda keliling, yakni melayani pembuatan kartu anggota, membaca buku dilokasi dan mengadakan lomba mewarnai bagi anak sekolah tingkat PAUD dan TK  dalam rangka mengikuti rangkaian kegiatan misalnya di Bujian Dusun.

 

"Diisi dengan 1unit armada Mobil Perpustakaan Keliling, setiap hari Sabtu hingga Minggu melayani 1 titik lokasi layanan. Yaitu 1 taman Merdeka Kota Manna,"ungkap Sri Gusti.

 

Selain melayani bahan pustaka berupa buku bacaan yang bisa dibaca di tempat, juga tersedia layanan edukasi dan layanan dongeng.

BACA JUGA:Festival Budaya Ayiak Manna, Upaya Untuk Menjaga Adat dan Budaya Bengkulu Selatan

BACA JUGA:DPC PBB Dikukuhkan Bupati BS, PBB Warna Baru di BS

"Layanan Perpustakaan Keliling ini, tanpa dipungut biaya,"ucap Sri Gusti.

 

Dikatakan Sri Gusti, kemajuan teknologi yang pesat dan meningkatnya kebutuhan informasi di era globalisasi ini, pada umumnya masyarakat perkotaan dan pedesaan semakin haus akan informasi yang tepat, cepat dan akurat, baik cetak maupun elektronik. Namun demikian, mengingat keterbatasan sarana dan prasarana, masyarakat pedesaan agak lamban dalam memperoleh informasi yang dibutuhkan. Maka diadakan Perpustakaan di tengah-tengah masyarakat untuk memenuhi kebutuhan masyarakat tentang informasi dan ilmu pengetahuan.

 

Kategori :