Revitalisasi Kolam BBI, Dinas Perikanan Seluma Usulkan Bantuan ke Kementrian

Senin 22-07-2024,09:00 WIB
Reporter : Radar Seluma
Editor : Radar Seluma

 

PEMATANG AUR, Radarseluma.Disway.Id,  - Dalam upaya revitalisasi kolam Balai Benih Ikan (BBI) yang saat ini tengah diupayakan oleh Dinas Perikanan Kabupaten Seluma, Provinsi Bengkulu. Pada saat ini Dinas Perikanan Kabupaten Seluma mengusulkan bantuan ke Kementerian Kelautan dan Perikanan RI.

 

BACA JUGA:2 Tersangka Pencurian Mobil Segera Diadili, Dilimpahkan Polres Ke Jaksa Seluma

BACA JUGA: Babatan Katagori Zona Merah di Seluma, Pengungkapan Kasus Narkoba

 

Hal tersebut dilakukan, menyusul minimnya kemampuan anggaran yang dimiliki daerah. Untuk melakukan rehab kolam BBI yang sejak lama cenderung kurang terawat dan kurang optimalisasi dalam pengelolaannya.

 

Seperti yang disampaikan oleh Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Seluma, Zuraini, SP MSi melalui Kabid Budidaya Ikan, Novita Eka Erianti mengatakan, jika sampai saat ini. Belum optimalnya pengelolaan kolam BBI. Hal tersebut lantaran, selama ini terkendala pasokan debit air yang mempengaruhi proses budi daya ikan tawar.

 

BACA JUGA:Fortuner Sport 2024 SUV Spesifikasi Lengkapnya dengan Fitur Sistem Canggih Desain Sporty yang Memukau

"Sudah kita ajukan proposal ke Kementerian KKP, supaya BBI kita bisa beroperasi optimal lagi. Kalau mengandalkan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Seluma, saya rasa belum mampu. Karena revitalisasi kolam BBI itu membutuhkan anggaran yang cukup besar," sampainya.

 

Dirinya juga mengatakan, jika kolam BBI dapat dikelolah dengan baik. Maka dapat menjadi salah satu potensi Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang cukup mumpuni. Terlebih lagi, di dalam hal membantu kelompok masyarakat budidaya ikan tawar. Karena pasaran harga yang lebih relatif lebih terjangkau untuk bibit ikan tawar. Seperti ikan nila, lele dan ikan patin.

 

Kategori :