Kabarnya, Pembangunan Bronjong Sungai Alas Seluma Dibangun Tahun Depan,Benarkah?

Kamis 11-07-2024,20:21 WIB
Reporter : Eldo Fernando
Editor : Eldo Fernando

 

 

 

SELUMA - Abrasi sungai alas yang kini sudah menggerus pemukiman warga di Kelurahan Kembang Mumpo,Kecamatan Semidang Alas Maras (SAM) akan segera diusulkan untuk pemasangan bronjong untuk antisipasi abrasi atau longsor susulan yang terus mengancam pemukiman warga.

 

 

 

Wakil Bupati Seluma Drs Gustianto menyebut, pemasangan bronjong aliran sungai Alas di Kelurahan Kembang Mumpo, Kecamatan Semidang Alas Maras menjadi kewenangan pemerintah Provinsi Bengkulu yang akan dianggarkan tahun 2025 mendatang. Beliau mengatakan, pengerjaan proyek tersebut merupakan kewenangan pihak Balai Wilayah Sungai Sumatera VII melalui pemerintah Provinsi Bengkulu.

BACA JUGA:Rehab 15 Sekolah Dasar Dimulai Juli Ini! Simak Selengkapnya

BACA JUGA:Dana Kelurahan Segera Cair, Ini Pembangunan Yang Akan Dilaksanakan Kelurahan Rimbo Kedui

“Untuk pemasangan bronjong sudah kita sampaikan ke pemerintah provinsi dan pihak Balai juga sudah turun ke lokasi, Insya Allah. Akan dibangun tahun anggaran 2025 nanti,” kata Gustianto.

 

Menurut Gustianto, abrasi yang terjadi saat ini sudah membahayakan warga setempat, sebelumnya sudah ada rumah warga yang berdiri di dekat bantaran sungai ambruk dan hanyut terbawa arus sungai. Akibatnya sebanyak 5 unit rumah yang berdiri di bantaran sungai terancam ambruk terkikis abrasi sungai Alas. Bahkan sebagian bangunan rumah warga telah hanyut terbawa arus sungai.

 

Gustianto menuturkan, beberapa bulan yang lalu pihaknya sudah koordinasi dengan pihak Dinas PUPR Provinsi Bengkulu, untuk membahas rencana pembangunan tanggul beton atau bronjong di bantaran sungai.

Kategori :