Wabup Bengkulu Selatan Dorong Pembentukan Bank Sampah

Kamis 11-07-2024,12:00 WIB
Reporter : Radar Seluma
Editor : Radar Seluma

 

 

BENGKULU SELATAN, radarseluma.disway.id - Wakil Bupati (Wabup) BS Rifa'i Tajudin S.Sos dalam merancang pengelolaan sampah yang selama ini masih menjadi persoalan  serius bagi lingkungan.  

"Pembentukan unit Bank Sampah di 11 kecamatan serta sekolah harus dapat segera terealisasikan. Kami menyatakan dukungan penuh terhadap rencana pembentukan Bank Sampah. Program Bank Sampah ini merupakan bagian dari upaya pengurangan sampah yang melibatkan partisipasi aktif masyarakat. Sebab Bank Sampah adalah program penting khsusus untuk pengurangan sampah,"ungkap Rifa'i.

 

Dikatakan Rifa'i, program Bank Sampah dapat diwujudkan menjadi Program Serbu GASS yang memiliki arti Seratus Bank Sampah Unit dan Gerakan Sedekah Sampah. Program Serbu GASS menjadi salah satu inovasi yang dapat memberikan dampak baik dalam pengelolaan sampah. 

Program ini memungkinkan masyarakat mengumpulkan sampah bernilai ekonomis. 

BACA JUGA:Pajak Parkir Minimarket di Bengkulu Selatan, Diberlakukan

BACA JUGA:Pengawasan Partisipatif, Bawaslu BS Ajak Media dan OKP

"Kami menilai bahwa program ini bisa berjalan baik. Apalagi dengan adanya kerjasama bersama pihak lain seperti WVI, DLHK serta berbagai kelompok, termasuk kelompok swadaya masyarakat, sekolah adiwiyata, dan SKPD,"pungkas Rifa'i.

 

Untuk diketahui bahwa Bapeda tahun 2024 telah mengandeng pihak pemerintahan desa dalam program uji coba pengolahan sampah. Program ini membantu mengurangi sampah.(yes)

 

Kategori :