Usai Diresmikan MPP Seluma Stagnan

Rabu 10-07-2024,08:34 WIB
Reporter : Radar Seluma
Editor : Radar Seluma

 

PEMATANG AUR, radarseluma.disway.id - Usai diresmikan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Mall Pelayanan Publik (MPP) di Kabupaten Seluma stagnan atau jalan di tempat. Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan instansi vertikal belum optimal memberikan pelayanan di MPP. Bahkan ada instansi vertikal yang baru memasang merk nama saja di MPP namun layanan sepenuhnya masih di kantor terkait. Khusus untuk Bank Bengkulu gerai sudah disiapkan tetapi belum ditempati dan belum ada pelayanan. 

Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPPTSP) Seluma Arlan Aksa saat dikonfirmasi membenarkan kalau MPP jalan di tempat. "Untuk OPD sudah mulai menempati. Seperti Disdukcapil sudah ada gerainya. Tetapi kemarin ada kendala alatnya sehingga saat ini belum bisa rekam KTP. Untuk saat ini jalan di tempat," kata Arlan saat dihubungi Radar Seluma, kemarin (9/7). 

Arlan menyampaikan sejauh ini sudah ada masyarakat yang berurusan langsung ke DPMPPTSP. Tetapi masih banyak yang berurusan ke kantor langsung. Hal ini kemungkinan karena masih banyak masyarakat yang belum tahu bahwa mereka cukup datang ke MPP untuk berurusan. "Kalau masyarakat ada yang datang tapi urusan SIP. Untuk vertikal belum ada," singkatnya. 

Oleh karena itu diharapkan ke depan jumlah instansi vertikal yang belum menempati gerai diajak untuk menyukseskan bersama-sama program pemerintah untuk mempermudah masyarakat mengakses layanan pada satu pintu. 

BACA JUGA:323 PPPK Guru SD dan SMP Sudah Tandatangan Kontrak Kerja, Langsung Gajian?

BACA JUGA:Wisata Pemandian Ulu Kungkai Arang Sapat Dibangun Lagi, Pasca Hancur Diterjang Banjir

Padahal MPP dirancang dan diresmikan untuk melayani masyarakat Kabupaten Seluma dalam satu wadah, sehingga tidak perlu repot lagi untuk berpindah pindah instansi untuk mengurus berkas administrasi.

Untuk mengisi MPP, sebelumnya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Seluma melalui Sekretaris Daerah (Sekda), H. Hadianto sudah menunjuk 10 OPD yang bergerak di bidang pelayanan untuk menurunkan staff yang sudah ahli, berikut juga alat penunjang pelayanannya ke MPP.

OPD tersebut yakni, DPMPPTSP Seluma, Dinas Dukcapil Seluma, Dinas PUPR Seluma, Dinas Lingkungan Hidup Seluma, Dinas Kesehatan Seluma, Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Seluma, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Seluma, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Seluma, Badan Kesbangpol Seluma, Badan Pendapatan Daerah Seluma.

Arlan mengatakan bahwa di MPP sendiri saat ini sudah tidak memiliki kendala untuk diisi, karena gerai masing masing OPD sudah lengkap dan tinggal di isi. Lalu untuk kelistrikan tidak memiliki kendala karena tegangan yang sudah sesuai standar MPP, termasuk juga jaringan internet sudah lancar karena sudah ada 3 router yang tersebar di MPP Seluma.(adt)

 

Kategori :