BENGKULU SELATAN, radarseluma.disway.id - Bupati Bengkulu Selatan (BS), Gusnan Mulyadi,SE.MM menuturkan agar survei kepuasan masyarakat benar-benar berdaya dan berhasil. Tidak henti-hentinya tekankan kepada seluruh Organisasi Perangkat Daerah/
Seluruh Unit Pelayanan Publik di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bengkulu Selatan meningkatkan kualitas pelayanan publik.
"Tidak henti-hentinya saya tekankan kepada seluruh Organisasi Perangkat Daerah/
Seluruh Unit Pelayanan Publik di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bengkulu Selatan dalam pelaksanaan penyusunan dokumen dan perhitungan survei kepuasan masyarakat meningkatkan kualitas pelayanan publik dengan memperhatikan prinsip transparan, partisipatif, netralitas,"ungkap Gusnan Mulyadi.
BACA JUGA:Bupati BS Ajak Fokus Tujuan Hidup Untuk Menemukan Kebahagiaan
BACA JUGA:Bupati BS Ajak Peduli Sampah, Buang Pada Tempatnya
Dikatakan Gusnan, prinsip transparan, yaitu kepuasan masyarakat harus dipublikasikan dan mudah diakses oleh seluruh masyarakat, sedangkan
partisipatif dalam pelaksanaan survei kepuasan masyarakat harus melibatkan peran serta masyarakat dan pihak terkait untuk mendapatkan hasil survei yang sebenarnya. Akuntabel, survei kepuasan masyarakat dilaksanakan dan dipertanggungjawabkan secara benar dan konsisten kepada pihak yang berkepentingan berdasarkan kaidah umum yang berlaku serta berkesinambungan, dimana survei kepuasan masyarakat harus dilakukan secara berkala dan berkelanjutan untuk mengetahui perkembangan peningkatan kualitas pelayanan. Selanjutnya keadilan, pelaksanaan survei kepuasan masyarakat harus menjangkau semua pengguna layanan tanpa membedakan status ekonomi, budaya, agama, golongan dan lokasi geografis serta perbedaan kapabilitas fisik dan mental, dan tindak kalah pentingnya yakni netralitas, dalam melakukan survei kepuasan masyarakat, surveyor tidak boleh mempunyai kepentingan pribadi, golongan, dan tidak berpihak.
"Dengan kerja sama dan partisipasi dari semua pihak, penyusunan dokumen dan perhitungan survei kepuasan masyarakat akan dapat menghasilkan data dan informasi yang valid dan akurat untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas pelayanan publik di unit pelayanan publik,"pungkas Gusnan.
Inovasi pelayanan publik menurut Gusnan memberikan manfaat bagi masyarakat, baik secara langsung maupun tidak langsung.