Perdagangan FMCG Melemah pada 2023, Unilever -6,3%

Senin 01-04-2024,00:00 WIB
Reporter : Radar Seluma
Editor : Radar Seluma

 

Radarseluma.Disway.Id, - Laporan keuangan sejumlah emiten produsen dan peritel FMCG menunjukkan penjualan melemah pada 2023.

Penjualan Indofood CBP Sukses Makmur (ICBP) tumbuh 4,8% yoy pada 2023, mengakhiri pertumbuhan double digit emiten setelah empat tahun berturut-turut. 

 

BACA JUGA: Bersihkan Lokasi Taman Patung Kuda, Murman Ingin Buat Perumahan! Memanas Hubungan Pemda dan Murman

BACA JUGA: Harga Cabai di Petani Seluma Tingal 35 Ribu/Kg, Harga Ayam Potong Rp 30 Ribu

 

Mayora Indah (MYOR) juga mencatatkan pertumbuhan yang melambat, yaitu 2,7% yoy pada 2023 dari sebelumnya tumbuh 9,9% yoy pada 2022. Sementara itu, pertumbuhan penjualan Unilever Indonesia (UNVR) terkontraksi sebesar -6,3% yoy pada 2023.

 

Pelemahan penjualan FMCG sesuai dengan tren Indeks Penghasilan Saat Ini untuk kelompok menengah bawah yang melemah sejak Mei 2023.

 

Indeks Penghasilan Saat Ini untuk kelompok pengeluaran Rp1 – 2 juta tercatat sebesar 102,6 pada 4Q23, lebih rendah -7,3 poin dari indeks sebesar 109,6 pada 4Q22. 

 

Begitu pula dengan kelompok pengeluaran Rp2,1 – 3 juta yang mencatatkan Indeks Penghasilan Saat Ini sebesar 106,4 pada 4Q23, lebih rendah -11,3 poin dari indeks sebesar 117,7 pada 4Q22.

 

Kategori :