Ini Dia TPA dan Penampungan Limbah Anggaran 14 Miliar, Sudah Mulai Digunakan

Sabtu 07-10-2023,07:06 WIB
Reporter : editor5131radarseluma2
Editor : editor5131radarseluma2

 

TALANG SALI, Radar Seluma.Disway.Id, - Proyek pembangunan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) dan pengelolaan limbah yang dibangun di Desa Talang Sali, Kecamatan Seluma Timur sudah selesai. Dengan menghabiskan anggaran sebesar Rp 14 Miliar yang dikucurkan dari Kementrian PUPR, pada tahun 2018 yang lalu. Dengan dibangun di luas lahan seluas kurang lebih 15 hektar. Yakni lahan milik Pemerintah daerah Kabupaten Seluma yang sudah dihibahkan.

 

BACA JUGA:Ini Persyaratan KUR BRI 2023 Terbaru Modal KTP Bisa Cair Rp 20 Juta

BACA JUGA:Keunggulan Mobil Sport Ferrari yang Menghipnotis Pencinta Otomotif

 

Saat ini telah diaktifkan sejak bulan Agustus 2023 yang lalu. Walaupun telah diaktifkan, akan tetapi belum dapat maksimal dioperasikan. Hal tersebut lantaran minimnya Sumber Daya Manusia (SDM) dan juga armada truk pengangkut sampah yang dimiliki oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Seluma pada saat ini.

 


TPA dengan anggaran 14 miliar--

"Mulai Agustus sudah mulai diaktifkan. Memang serah terima dilakukan sementara oleh pihak Balai. Tetapi walaupun sementara sudah bisa digunakan," sampai Kepala DLH Kabupaten Seluma, Sudarman, SP.

 

Dari pantauan dilokasi, terlihat proyek pembangunan TPA dan kolam limbah yang berada di Desa Talang Sali. Baru dioperasi sekitar sebulan yang lalu oleh DLH Kabupaten Seluma. Sejak akses jalan dari jalan raya menuju ke kolam limbah, sejauh kurang lebih 1 kilometer telah selesai dibangun. Terlihat dilokasi kolam limbah saat ini telah ditumbuhi semak belukar. 

 

Untuk memaksimalkan kolam limbah yang ada di Desa Talang Sali. Menurut Kepala DLH Kabupaten Seluma, perlu penambahan SDM dan armada angkutan sampah yang idealnya 8 unit truk pengangkut sampah. Jika nantinya dikelola oleh UPTD yang menggerakkannya.

 

Kategori :