Aplikasi E-Kinerja Masih Bisa Diakali ASN, Kominfo Cari Cara Memperketat

Sabtu 09-09-2023,05:00 WIB
Reporter : editor5131radarseluma2
Editor : editor5131radarseluma2

 

 

PEMATANG AUR - Rupanya aplikasi E-Kinerja platfrom untuk absensi Aparatur Sipil Negara (ASN) Pegawai Negeri Sipil (PNS) masih bisa diakali. Hal itu terbukti lantaran ada PNS yang tetap bisa absen meski mereka sedang tidak berada di kantor.

 

BACA JUGA:Buronan 4 Bulan, Dito Mahendra Malah Ditangkap di Villa saat Sedang Liburan

 

Oleh karena itu, kemarin (8/9) Asisten 3 Administrasi dan Umum Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Seluma sekaligus Plt kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya (BKPSDM) Seluma meminta agar Dinas Kominfo Persandian dan Statistik Kabupaten Seluma segera memperkuat aplikasi E-Kinerja sehingga tidak ada lagi yang bisa mengakali absensi tersebut. 

 

"Koordinasi terkait dengan aplikasi E-Kinerja bagaimana mengatasi persoalan platfrom ini masih bisa diakal-akali oleh PNS," kata Riduan Sabrin usai koordinasi ke Kominfo Persandian dan Statistik Kabupaten Seluma, kemarin. 

 

Seperti yang diketahui mencuatnya hal ini karena ada beberapa PNS yang sering datang terlambat namun absensi di E-Kinerja masih tetap tepat waktu. Kemudian ada juga PNS yang tidak hadir di kantor namun absensi di E-Kinerja tetap hadir. 

 

Sementara itu Yunan Kipli Kabid PPSE Dinas Kominfo Persandian dan Statistik Kabupaten Seluma mengungkapkan bahwa saat ini pihaknya sedang mempelajari bagaimana sehingga E-Kinerja ini masih bisa diakali.

 

"Dia ini menggunakan aplikasi Fake GPS atau aplikasi untuk menunjukan koordinat palsu. Walaupun dia masih di rumah namun pada aplikasi E-Kinerja koordinat mereka berada di kantor," sambungnya. 

Kategori :