Indonesia Dikenal Ilmu Santet, Ternyata Negara Ini Ilmu Hitamnya Lebih Ngeri...

Sabtu 06-05-2023,14:59 WIB
Reporter : Eldo Fernando
Editor : Eldo Fernando

Dalam 'Servants of the Spirit', fotografer, Les Stone, menghabiskan 20 tahun menjelajahi mistisisme praktik vodou, agama diaspora Afrika yang berkembang di Haiti antara abad ke-16 dan ke-19 dan yang sering dianggap sebagai praktik yang melibatkan sihir. Vodou adalah agama resmi Haiti, yang dipraktikkan lebih dari 8 juta orang. Agama diaspora Afrika ini didasarkan pada keyakinan bahwa segala sesuatu adalah roh dan manusia ada untuk melayani roh melalui berbagai ritus dan doa kebaktian.

 

 Vodou dianggap tidak jahat, namun itu adalah sistem kepercayaan dan agama yang sebanding dengan yang lain. Sebagai salah satu situs pusat Vodou, Souvenance mengadakan festival tahunan saat Paskah

 

3. Dukun santet di Indonesia

 

Kepercayaan pada ilmu hitam begitu kuat di Indonesia bahkan telah menyebabkan kematian orang-orang yang dituduh melakukan ilmu sihir tersebut.

 

 

Antropolog Universitas La Trobe, Nicholas Herriman, menulis dalam bukunya pada 2016, “Perburuan Penyihir dan Konspirasi” bahwa pembunuhan para penyihir, serta pembunuhan ninja berikutnya pada tahun 1998 di Indonesia, jauh melampaui jumlah korban dalam pengadilan penyihir Salem. “Ninja” yang dia tulis adalah pembunuh bertopeng hitam terkenal yang membunuh tersangka penyihir pada tahun 1998. Pembunuh ini kemudian dibunuh oleh penduduk desa.

 

"Di Kabupaten Banyuwangi Jawa Timur saja, sekitar 100 dukun tewas dan banyak lagi yang menderita pada 1998," tulis Herriman, seraya menambahkan bahwa pada tahun berikutnya, hingga 150 lebih dukun tewas di Jawa Barat.

 

Menurut sebuah artikel yang diterbitkan oleh Sydney Morning Herald pada 2017, pembunuhan sporadis terhadap tersangka dukun santet (dukun ilmu hitam) berlanjut hingga hari ini. Artikel tersebut mencatat bahwa pada 10 Januari 2020, seorang guru agama yang dituduh sebagai dukun santet dilaporkan diserang dan dibunuh oleh tujuh pria di Sukabumi, Jawa Barat.

 

4. Tanah sihir hitam di India

Tags :
Kategori :

Terkait