Harga Biji Kopi di Sekalak Rp 28 ribu/kg

Rabu 26-04-2023,18:57 WIB
Reporter : Eldo Fernando
Editor : Eldo Fernando

SEKALAK - Harga biji kopi pasca lebaran naik lagi. Saat ini harga biji kopi Rp 28 ribu per kilogram dari harga petani di Desa Sekalak, Kecamatan Seluma Utara. Sebelum lebaran harga kopi bertahan di harga Rp 26 ribu.

Hal tersebut dibenarkan Farhan yang merupakan petani kopi yang ad di Desa Sekalak bahwa ia menjual hasil kebunnya dengan harga Rp 28 ribu per kilogram.

"Harganya terus naik, akan tetapi harga tersebut alami perbedaan di tempat lainnya. Seperti di Padang Capo kalau saya mendapat info dari saudara saya yang berkebun disana masih dengan kisaran Rp 26 ribu per kilogram" kata Farhan.

Dikatakannya akses juga mempengaruhi harga biji kopi perkilogramnya, semakin jauh akses dan semakin sulit akses maka harga biji kopi akan ada perbedaan harga dengan daerah yang sudah dekat dengan akses lintas utama.

" Akses sangat mempengaruhi harga biji kopi, memang ditempat saya di Sekalak masih ada perbedaan harga ditoke akan tetapi rata-rata harganya Rp 28 ribu perkilogramnya. Dengan harga saat ini kalau hasil lumayan petani sangat untung dengan harga yang tinggi " sampai Farhan.

Beliau harapkan harga biji kopi jangan lagi alami penurunan, karena menurutnya dengan harga saat ini petani sudah bisa merasakan merdeka. (ndo) 

Tags :
Kategori :

Terkait