Ini Doa Ziarah Kubur, Jelang Lebaran Makam Ramai Dikunjungi

Kamis 20-04-2023,17:15 WIB
Reporter : Eldo Fernando
Editor : Eldo Fernando

Sebelum Hari Raya Idul Fitri datang, tradisi ziarah ke kuburan kerabat atau orang tua yang telah meninggal dunia. 

 

Ziarah kubur ialah mengunjungi makam atau kuburan dengan tujuan untuk mendoakan seseorang yang telah meninggal sekaligus sebagai pengingat terhadap kehidupan akhirat. Tradisi ziarah kubur di Indonesia biasanya ditemukan saat menjelang bulan puasa Ramadhan atau mendekati Hari Raya Idul Fitri.

 

Sebagai informasi, pada zaman dahulu, Rasulullah SAW pernah melarang untuk melakukan ziarah kubur. Akan tetapi, Rasulullah akhirnya menyampaikan bahwa ziarah kubur dapat mengingatkan manusia dengan akhirat. Ini tertuang dalam hadis sebagai berikut :

 

Lafaz Arab

 

قَدْ كُنْتُ نَهَيْتُكُمْ عَنْ زِيَارَةِ القُبُورِ، فَقَدْ أُذِنَ لِمُحَمَّدٍ فِي زِيَارَةِ قَبْرِ أُمِّهِ، فَزُورُوهَا فَإِنَّهَا تُذَكِّرُ الآخِرَةَ

 

Artinya: "Aku pernah melarang kalian berziarah kubur. Sekarang telah diizinkan untuk Muhammad menziarahi makam ibunya. Maka berziarahlah karena berziarah kubur itu dapat mengingatkan dengan akhirat" (HR. Tirmidzi).

 

Doa Ziarah Kubur

Saat ziarah kubur, ada baiknya mengucapkan salam dan juga doa. Terlebih, saat ini, telah mendekati Hari Raya Idul Fitri. Ada baiknya mengunjungi sanak saudara yang telah meninggal dunia untuk mendoakan mereka. Ini doa yang yang perlu diucapkan saat memasuki area pemakaman.

 

Tags :
Kategori :

Terkait