5 Mata Uang Pengganti Dolar, Rupiah Termasuk?

Kamis 13-04-2023,13:34 WIB
Reporter : Eldo Fernando
Editor : Eldo Fernando

Kini Berbagai macam negara besar didunia sedang diramaikan oleh isu banyak negara yang akan mengurangi ketergantungannya terhadap dolar Amerika Serikat (AS). 

Wacana ini mulai menggema kembali terutama setelah Presiden Rusia Vladimir Putin mendesak sekutu dagangnya di aliansi BRICS untuk 'membuang' dolar.

Dollar AS sendiri memang diketahui hingga saat ini merupakan mata uang yang dominan dipakai dalam perdagangan internasional. Ini membuat kebijakan ekonomi apapun yang dikeluarkan The Fed selalu berdampak bagi kondisi global.

 

Dengan wacana yang digaungkan Putin, beberapa mata uang lainnya di dunia pun menjadi berpotensi dapat menggantikan dollar. Berikut daftarnya sebagaimana dirangkum Radar Seluma dilansir dari beberapa sumber:

 

1. Yuan

Yuan merupakan mata uang China. Diketahui, Beijing merupakan eksportir terbesar di dunia dan sekaligus menjadi salah satu importir terbesar sejagad.

 

2. Euro

Mata uang yang satu ini digunakan oleh 20 negara-negara besar Eropa. Meski tak semua anggota Uni Eropa menggunakannya, pengguna euro merupakan negara-negara besar dengan kekuatan ekonomi besar dunia seperti Jerman, Prancis, Italia, Spanyol, dan Belanda.

 

3. Mata uang BRICS

Negara aliansi BRICS juga bersiap untuk meninggalkan dolar AS serta euro Eropa untuk melakukan perdagangan antarnegara. Saat ini aliansi negara itu dalam proses menciptakan alat pembayaran baru.

 

Tags :
Kategori :

Terkait