Ini Manfaat Akar Kelapa yang Perlu Anda Ketahui

Sabtu 31-12-2022,00:46 WIB
Reporter : admin5131radarseluma1
Editor : admin5131radarseluma1

radarselumaonline.com  Pohon kelapa yang banyak tumbuh di Indonesia. Dari daerah Sabang sampai Merauke pasti tanaman kelapa banyak ditemukan.

Hal umum yang kita ketahui tentang kelapa hanyalah manfaat dari buahnya yang bisa dijadikan santan, akan tetapi wajib diketahui dari akar, pohon, daun dan buahnya memiliki manfaat yang luar biasa.

Ya, memang menjadi hal umum diketahui bahwa bagian dari pohon kelapa yang paling populer ada pada bagian buahnya. Buah dari kelapa memang terkenal karena ada kandungan air yang sangat segar dan baik untuk mengatasi dehidrasi pada tubuh.

Mungkin kita tidak pernah menyangka,  Manfaat akar pohon kelapa juga dapat dirasakan oleh semua, baik manfaat akar pohon kelapa bagi kesehatan maupun manfaat akar pohon kelapa bagi kehidupan sehari-hari.

Tetapi pengetahuan masyarakat luas hanya terbatas pada pemanfaatan pada bagian buahnya.

 

Manfaat akar pohon kelapa, dipercaya dapat melancarkan peredaran darah. Manfaat tersebut sangat perlu, terutama bagi Anda yang memang memiliki penyakit tekanan darah tinggi. Ramuan dari akar pohon kelapa ini dapat membantu meredakannya. Namun efek yang dihasilkan memang tidak langsung terasa. Sehingga Anda perlu mengonsumsinya secara bertahap dan rutin agar dapat merasakan manfaat akar pohon kelapa ini.

Dilansir dari liputan 6.com selain melancarkan peredaran darah akar kelapa juga berguna untuk : 

 

1. Mengatasi gatal

Manfaat akar pohon kelapa yang pertama. Ternyata manfaat akar pohon kelapa juga mampu mengatasi gatal pada kulit.

Terutama gatal yang terjadi pada celah kulit di sela-sela jari kaki atau tangan dan celah lain yang lembab. Biasanya celah kulit yang lembab, rawan terjadi gatal, dan terkena penyakit kudis dan penyakit lainnya. Jika Anda mengalami penyakit tersebut, Anda dapat menggunakan ramuan dari akar kelapa untuk mengobatinya.

 

Caranya cukup mudah, yaitu rebus akar dari pohon kelapa tersebut, lalu minum air rebusan akar pohon kelapa tersebut secara rutin hingga rasa gatal-gatal pada kulit menghilang.

 

2. Meredakan demam

 

Manfaat akar pohon kelapa selanjutnya, yaitu mampu menurunkan suhu panas pada tubuh karena demam. Untuk meredakan demam pada tubuh, Anda dapat menggunakan akar pohon kelapa.

 

Caranya dengan menumbuk akar pohon kelapa yang telah dikeringkan lalu rebus hingga mendidih. lalu minum air rebusan dari akar pohon kelapa tersebut dua kali sehari, hingga demam pada tubuh menurun

 

3. Mengatasi diare

 

Jika Anda mengalami diare, maka Anda dapat mengatasi penyakit tersebut dengan mengambil manfaat akar pohon kelapa. Rasa yang dimiliki akar kelapa lumayan pekat dan sepat, seperti pada daun jambu. Akar pohon kelapa ini dipercaya dapat mengatasi penyakit diare.

 

Cara mengonsumsinya pun juga sama dengan mengonsumsi akar pohon kelapa untuk mengobati demam dan gatal, yaitu dengan merebus akar kelapa dengan air mendidih, lalu minum air rebusan tersebut hingga diare berkurang.

 

4. Mengatasi wasir dan ambeien

Penyakit wasir dan ambeien memang cukup mengganggu dan dapat menimbulkan rasa sakit sehingga membuat Anda menjadi tidak nyaman saat beraktivitas. Sama seperti mengobati penyakit lainnya, Anda juga cukup merebus dan meminum ramuan yang dihasilkan dari akar pohon kelapa tersebut.

Kategori :