Jaksa Musnahkan Barang Bukti

Sabtu 29-10-2022,09:27 WIB
Reporter : admin5131radarseluma1
Editor : admin5131radarseluma1

SELEBAR - Kejaksaan Negeri Seluma pada Kamis (27/10) siang, sekitar pukul 10.00 WIB. Melakukan pemusnahan terhadap puluhan Barang-Bukti (BB) yang sudah berkekuatan hukum tetap.

Serta telah diperintahkan untuk dimusnahkan oleh pihak Pengadilan Negeri Tais. Pelaksanaan pemusnakan BB tersebut, telah dilaksanakan di halaman belakang Kantor Kejaksaan Negeri Seluma.

Dengan dimusnahkan langsung oleh Kasi Pengelolaan Barang Bukti Rampasan Kejaksaan Negeri Seluma, Deden Noviana, SH. Serta disaksikan oleh Kasat Reskrim Polres Seluma, Hakim Pengadilan Negeri Tais dan perwakilan dari Dinas Kesehatan.
"BB yang kita musnahkan, merupakan BB yang telah memiliki putusan tetap (Inkrah) dari Pengadilan Negeri Tais," sampai Kajari Seluma, Wuriadhi Paramita, SH MH melalui Kasi Intel, Andi Setiawan, SH MH saat dikonfirmasi Radar Seluma.
Dilaksanakannya pemusnahan beberapa barang bukti tersebut. Lantaran semua perkara sudah berkekuatan hukum tetap. Sehingga sudah dapat untuk dilakukan pemusnahan.

Adapun BB yang telah dilakukan pemusnahan yakni. Dilakukan terhadap beberapa barang bukti dari tindak Pidana Umum (Pidum). Diantaranya, barang narkotika jenis Ganja, Sabu-sabu sebanyak 10 perkara, dengan berat bersih keseluruhan kurang lebih 0,28 gram.
Senjata tajam sebanyak 3 perkara, perjudian sebanyak 1 perkara, perlindungan anak sebanyak 2 perkara, pencurian sebanyak 2 perkara dan kasus pemerasan sebanyak 2 perkara.
Dalam pemusnahan barang bukti. Tampak seluruh barang bukti dimusnahkan dengan cara dibakar. Sedangkan untuk barang bukti seperti senjata tajam dilakukan pemusnahan dengan cara dipotong-potong.
Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari tugas Jaksa selaku Eksekutor untuk mengeksekusi barang bukti terhadap perkara yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap dan dilaksanakan secara berkala. (ctr

Kategori :