Kafe Amazon Thailand Ekspansi Global, Jaringan Kopi terbesar di Asia
Café Amazon menjual lebih dari 107 juta cangkir kopi --
BANGKOK, THAILAND, Radarseluma.Disway.id - Café Amazon, salah satu merek kopi paling terkenal di Thailand, semakin meningkatkan ambisi internasionalnya seiring dengan merambah pasar baru dan meraih pengakuan global.
BACA JUGA:Besok, Tujuh Tersangka Pembebasan Lahan Pemkab Seluma Jalani Sidang Perdana
BACA JUGA: FGD PT ESDMU Digelar di Bengkulu, DPRD Seluma Kecewa, Tak Dilibatkan
Jaringan kedai kopi yang dioperasikan oleh PTT Oil and Retail Business Public Company Limited (OR) ini telah berkembang dari kedai kopi pinggir jalan di dalam Stasiun PTT menjadi salah satu jaringan kedai kopi terbesar di Asia dengan lebih dari 5.000 gerai di seluruh dunia.
Café Amazon baru-baru ini dinobatkan sebagai pemenang World Branding Awards 2024–2025 oleh World Branding Forum — kemenangan kedelapan berturut-turut — yang menyoroti kebangkitannya sebagai merek Thailand yang bertahan di panggung global.
Pada kuartal kedua tahun 2025, Café Amazon menjual lebih dari 107 juta cangkir kopi — setara dengan hampir 1,2 juta cangkir per hari — menunjukkan peningkatan hampir 5 juta cangkir, atau 4,9% year-on-year. Pertumbuhan ini didorong oleh ekspansi gerai dan permintaan konsumen yang kuat. Sebagai pemimpin pasar di Thailand, merek ini semakin merambah pasar Laos, Filipina, Jepang, Oman, dan Bahrain melalui model waralaba yang dirancang untuk mempertahankan standar merek global dalam hal desain, kualitas, dan layanan.
Inti dari identitas Café Amazon adalah komitmennya terhadap petani kopi lokal dan praktik pertanian berkelanjutan. Perusahaan ini mendapatkan biji kopi dari petani di Thailand utara — termasuk Pang Khon, Phah Lang, Mae Wang, dan Doi Inthanon — melalui kemitraan jangka panjang yang meningkatkan teknik pertanian, meningkatkan pendapatan petani kecil, memperluas tutupan hutan, dan berkontribusi pada udara yang lebih bersih.
Kembali di Thailand, OR sedang memperluas pusat OASYS seluas 200 rai di Ayutthaya, sebuah kompleks terpadu yang mencakup pemanggangan, produksi roti, distribusi, dan akademi barista. Fasilitas ini sebagian ditenagai oleh energi surya, beroperasi dengan sistem tanpa air limbah, dan menciptakan lapangan kerja lokal baru — menunjukkan strategi OR untuk menghubungkan pertumbuhan komersial dengan pengelolaan lingkungan.
Sumber: